-Tayangan Laman-

Jumat, 14 Desember 2012

Berbudayalah Sejak Dini



Assalamu'alaikum wr.wb.
            “Mungkin sekarang sobat-sobat sekalian sedang bertanya-tanya mengapa kita harus berbudaya sejak dini?”. Karena kita sebagai generasi muda harapan bangsa yang berpendidikan harus menjadikan budaya sebagai identitas asli Negara kita yang takkan pernah hilang dari bumi ibu pertiwi. Itulah kita sebagai generasi muda harus turut andil dalam pelestarian budaya, jika tidak maka budaya kita akan diakui oleh negara-negara lain, dan kita hanya dapat menyaksikan mereka memainkan budaya-budaya kita, tanpa tau dari mana budaya itu berasal.
            Indonesia adalah negara majemuk karena banyak terdapat suku bangsa yang sangat beragam di dalamnya, termasuk juga Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam kebudayaan, contohnya seperti rumah adat (Huma Betang), bahasa daerah, tari daerah, upacara adat dan lain sebagainya. Namun dari sekian banyaknya budaya tersebut, yang hanya mengetahui keberadaan budaya tersebut hanya sedikit saja dari jumlah total penduduk Kalimantan tengah. Hal ini juga diperparah karena para generasinya kebanyakan enggan melestarikan kebudayaannya sendiri, mereka lebih mementingkan permainan game di warnet daripada turut andil dalam usaha pelestarian budaya.
            Hal yang sangat mengkhawatirkan saat ini adalah kelangsungan bahasa daerah seperti bahasa dayak. Sebagaian besar orang yang menggunakan bahasa dayak adalah para orang tua untuk kesehariannya, dan generasi mudanya hanya sedikit sekali yang menggunakan bahasa dayak untuk kesehariannya. Entah mengapa atau kenapa, bahasa dayak begitu enggan untuk dipelajari oleh para pelajar, mereka lebih mengutamakan belajar bahasa asing ketimbang bahasa daerah, karena mereka menganggap bahasa daerah tidak dapat digunakan untuk keluar negeri terlebih lagi mereka menganggap bahasa daerah adalah bahasa orang pinggiran atau orang pedalaman.
            Miris bercampur pilu dan luka, pertanyaanya “Siapakah yang akan melestarikan kebudayaan-kebudayaan ini selanjutnya jika kalau para pelajarnya saja enggan melestarikan kebudayaannya?”. Suatu pertanyaan besar yang susah untuk mencari jawabannya. Sudah saatnya  para generasi muda tersadar dari tidurnya dan hanya diam terpaku dengan kecanggihan teknologi masa kini yang mulai menggeser peradaban kebudayaan asli  daerah kita. Sudah sepantasnya kita mengingat para leluhur kita yang bersusah payah melestarikan kebudayaan ini dari generasi ke generasi. Lewat sebuah artikel yang kami buat ini semoga para generasi muda sekarang bangkit dari keterpurukan perbudakan-perbudakan teknologi masa kini yang membawa ke hal yang negative. Sudah menjadi kewajiban kita melestarikan kebudayaan kita, entah dengan cara apa dan bagaimana caranya, tetapi yang jelas kita lakukan dengan ikhlas ataupun juga dengan mengadakan lomba-lomba tentang kebudayaan Kal-teng seperti halnya lomba kecakapan bahasa dayak, karungut  dan lain sebagainya ataupun melalui teknologi seperti halnya kami bertiga mengikuti lomba blog ini, untuk bersama-sama melestarikan kebudayaan Kalimantan Tengah yang kami cintai. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
http://peran-kami.blogspot.com/. Diberdayakan oleh Blogger.

-Pengikut-

 

Inilah Peran Kami. Hak Cipta 2012 | Peran-Kami | Desain awal oleh | Brian Gardner | Desain ulang oleh | Peran-Kami | Diberdayakan oleh | Blogger |