-Tayangan Laman-

Jumat, 14 Desember 2012

Membiasakan Diri Untuk Mencintai Budaya Sendiri



Kita sebagai generasi muda yang suatu saat nanti akan turut andil dalam pergerakan kemajuan Negara. Harus menanamkan betul jiwa mencintai budaya sendiri, sebab tanpa peran kita semua budaya tersebut akan punah bak di telan oleh perubahan zaman.

Kita tahu menanamkan sikap mencintai kebudayaan sendiri itu sangat penting, terlebih lagi kalau kita wujudkan kecintaan kita itu dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti halnya kita membeli produk-produk yang menggambarkan kebudayaan daerah kita sendiri, hal itu disamping juga dapat membatu para pengrajin agar terus mengembangkan usahanya juga dapat mempopulerkan kebudayaan kita sendiri agar diminati masyarakat banyak. Ataupun wujud kecintaan kita itu kita wujudkan dengan berbagai sinergitas atau kegiatan-kegiatan  dalam membuat inovasi- inovasi yang baru dan juga bermanfaat. Seperti halnya yang merujuk pada pemakaian alat-alat teknologi yang sudah merajalela saat ini, kita bisa wujudkan pemakaian teknologi itu dengan membuat aplikasi seperti aplikasi musik gamelan untuk android sebuah karya anak bangsa di Yogyakarta ataupun juga melalui lomba blog ini sebagai sarana mempopulerkan budaya Kalteng keseluruh masyarakat dunia.


Perwujudan mencintai budaya daerah sendiri melalui teknologi    

Gambar 1.0 Gamelan Dj karya anak bangsa

Membuat film dokumenter tentang adat istiadat budaya daerah masing-masing dan menguploadnya ke youtube sehingga dapat menarik minat para turis untuk datang ke daerah kita. Merupakan salah satu bentuk melestarikan budaya melalui teknologi.

Gambar 1.1 Film dokumenter tentang adat istiadat
Mengikuti festival tari daerah atau mengikuti sanggar tari daerah merupakan salah satu bentuk kita mencintai budaya kita sendiri.
Tari Kolosal Dayak Awali Festival Isen Mulang
Gambar 1.3 Tari daerah

Membuat baju kaos bermotif batik budaya daerah sendri merupakan wujud kita mencintai budaya daerah.






Gambar 1.4 Baju bermotif batik daerah


0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
http://peran-kami.blogspot.com/. Diberdayakan oleh Blogger.

-Pengikut-

 

Inilah Peran Kami. Hak Cipta 2012 | Peran-Kami | Desain awal oleh | Brian Gardner | Desain ulang oleh | Peran-Kami | Diberdayakan oleh | Blogger |