-Tayangan Laman-

Jumat, 07 Desember 2012

Teknologi dan Budaya


               
                 Teknologi adalah semua sarana yang menyediakan barang-barang guna kelangsungan hidup umat manusia. Biasanya identik dengan seni-seni yang dihasilkan Industri. Sedangkan Budaya adalah suatu kebiasaan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat(suku) yang dianggap sudah menjadi tradisi masyarakat tersebut secara turun temurun.
                 Teknologi dan Budaya... ada nggak sih hubungannya? Ya Jelas ada. Lalu apa hubungannya? Hubungan antara Teknologi dan Budaya di era modern ini tentunya sangat berkaitan. Mengapa? Karena pelestarian Budaya pun dapat dilakukan dalam pengembangan Teknologi masa kini. Misalnya saja dengan Blog, kita dapat berbagi ilmu dan wawasan mengenai Budaya daerah masing-masing dengan postingan-postingan kita tentang Budaya, dan itupun termasuk langkah-langkah dalam pelestarian Budaya di era modern ini. Lalu apalagi? Untuk melestarikan budaya kita, juga dapat dilaksanakan dengan cara membuat mika telepon genggam yang bercorak motif batik daerah masing-masing. Dan dengan adanya Teknologi kita dapat membuat desain Batik, kita membuat Baju Batik atau kerajinan tangan pun pasti memerlukan teknologi, baik itu teknologi tradisional maupun modern. Jadi intinya Teknologi dan Budaya itu sangat berkaitan, apalagi melihat perkembangan teknologi di zaman ini sedang berkembang sangat pesat, dan itu pun bisa membantu kita untuk melestarikan Budaya kita.
                 Langkah selanjutnya, kita juga bisa melestarikan Budaya dengan perkembangan teknologi yang ada, misalnya kita dapat mengupload video-video adat-istiadat Kal-Teng seperti Upacara adat tiwah, tari manasai, tari giring-giring, video mengenai Huma Betang, dan adat-istiadat kita yang lainnya. Untuk apa? Yaitu untuk memperkenalkan budaya daerah Kal-Teng sampai keseluruh dunia dengan wilayah cakupan internet yang mendunia, agar budaya kita tidak diakui oleh negara lain seperti kasus yang sudah terjadi.
                Kita juga bisa membuat suatu forum di dunia maya yang membahas tentang budaya daerah kita masing-masing, jadi kita dapat memperkenalkan budaya Kal-Teng dan juga dapat mengenali budaya daerah-daerah lain. Tentunya dengan adanya forum tersebut orang menjadi lebih tertarik kepada ragam budaya yang ada di Indonesia dan juga lebih mencintai NKRI.
               Kita patut bangga untuk menjadi Warga Negara Indonesia, karena Indonesia merupakan negara yang mempunyai ragam budaya yang tinggi dan juga memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi negara yang melampaui peradaban negara-negara lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
http://peran-kami.blogspot.com/. Diberdayakan oleh Blogger.

-Pengikut-

 

Inilah Peran Kami. Hak Cipta 2012 | Peran-Kami | Desain awal oleh | Brian Gardner | Desain ulang oleh | Peran-Kami | Diberdayakan oleh | Blogger |